oleh

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Pokja Bunda PAUD Gelar Rakor

SUMSELDAILY.CO.ID, MUBA – Pokja Bunda PAUD Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan Rapat Koordinasi Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dalam rangka Mendukung Program Kegiatan Pokja Bunda PAUD Kabupaten Muba serta untuk Mewujudkan Tumbuh Kembang Anak Yang Optimal Demi Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI), Rabu (29/9/2021) bertempat di Ruang Rapat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba.

Bunda PAUD Kabupaten Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza sebagai Bunda PAUD menyampaikan, PAUD memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia. PAUD Holistik Integratif itu artinya semua harus terkoordinasi dan menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak terkait.

“Melalui PAUD HI yang terintegrasi dengan baik dapat membangun kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berbudaya dan berdaya saing. Bahkan kita sebenarnya tengah mempersiapkan calon-calon penerus yang berkualitas di 30 tahun hingga 50 tahun yang akan mendatang,” ucapnya.

Namun, untuk mewujudkan ini semua tentu akan ada beberapa tantangan. “Nah tantangan apa saja yang akan dihadapi, hal ini yang harus kita bahas dan pelajari secara bersama agar apa yang menjadi impian serta harapan ini dapat terwujud,” ulasnya.

Lanjut Thia, adapun tujuan dan harapan dari terlaksananya PAUD HI ini ialah ingin memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi anak-anak agar di usia emasnya, mereka sangat merasakan kebahagiaan dan juga pelajaran yang berharga.

“Dari kegiatan rakor hari ini diharapkan Bunda PAUD Kecamatan dapat mengikutinya dengan baik sehingga kita dapat menyusun program yang tepat guna meningkatkan Pendidikan PAUD. Kami siap memberikan pendampingan guna peningkatan kapasitas Bunda-bunda PAUD di Kecamatan nantinya,” ungkap Thia.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Muba Musni Wijaya SSos MSi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong meningkatnya peran Bunda PAUD tingkat Kabupaten Muba untuk melakukan advokasi ke berbagai kepentingan di daerah dalam rangka menguatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya PAUD sebagai kesempatan yang tak kembali dan fondasi dari pendidikan dasar. Dengan harapan setelah rapat ini dilaksanakan beberapa hal penting Holistik Integraratif tercapai sesuai harapan.

“Setelah pelaksanaan Rapat Koordinasi Bunda PAUD ini diharapkan dapat menemukan satu solusi dan ide-ide baru terkait dengan pelaksanaan peningkatan SDM di Muba terutama di level usia anak-anak. Semoga apa yang di bahas dapat diimplementasikan serta, dapat membawa kebaikan bagi kita semua dan kemajuan untuk Kabupaten Muba,” tuturnya.

Sementara Kabid Paud, TK dan PNF Dikbud Muba Drs RR Gunawan MM dalam paparannya, menjelaskan Program PAUD Holistik Integratif tersebut merupakan sebuah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan terkait secara simultan, sistematis, dan integrasi.

“Pada periode 5 tahun pertama kehidupan anak merupakan masa emasnya (Golden Period). Jadi dimasa ini kita dapat melakukan sebuah tindakan yang sangat besar manfaatnya untuk ke depan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif, karena generasi penerus yang seperti ini merupakan aset yang sangat berharga bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Menurut Gunawan, terdapat beberapa solusi agar PAUD HI dapat terlaksana dengan baik yaitu, dengan menjalin kerjasama sama dengan pihak atau lembaga lain yang mempunyai kewenangan dan kemampuan dalam memberikan layanan kepada anak, kemudian parenting.

Aspek yang harus ditingkatkan pada anak dengan menggunakan pendidikan holistik ialah aspek pendidikan, aspek kesehatan dan gizi, aspek pengasuhan, aspek perlindungan, deteksi dini tumbuh kembang anak.

“Sebagai output dari layanan PAUD HI ini akan ada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni,” tandasnya.

Rapat koordinasi ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas PPPA Muba Dewi Kartika SE MSi, Sekretaris Dinkominfo Muba Hj Nurzahrawati SPd MT, Pengurus dan anggota Pokja Bunda Paud se-Kabupaten Muba serta OPD terkait lainnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed