oleh

Herman Deru: Sarjana Harus Bisa Buka Lapangan Kerja Baru, Jangan Hanya Bercita-Cita Jadi Pegawai

SUMSELDAILY.CO.ID, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru memotivasi generasi muda khususnya para sarjana baru untuk ikut berkontribusi dalam memajukan Sumsel.

Ajakan itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada Wisuda ke 30 mahasiswa Universitas Tamansiswa Palembang di OPI Convention Center, Kamis (14/10/2021)

Menurutnya, untuk berkontribusi dalam memajukan daerah tidak harus dengan berlomba-lomba menjadi abdi negara seperti Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun kontribusi juga dapat dilakukan dengan mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dengan cara membuka peluang usaha dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Kerja itu tidak harus di kantor dan menghadap komputer, namun bisa juga di sektor informal dengan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Ini juga merupakan bagian dari peran untuk memajukan Sumsel,” kata Herman Deru.

Dia mengatakan, sebagai lulusan baru, generasi muda tersebut harus fokus dan serius terhadap suatu tujuan sehingga nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.

“Keberhasilan itu tidak ada yang kebetulan, harus dijalani dengan serius dan jangan pernah berubah. Gelar sarjana tidak hanya digunakan untuk menyesuaikan golongan, namun implementasinya harus bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Apalagi, dalam menempuh pendidikan banyak hal yang harus dikorbankan sehingga pendidikan tersebut selesai tepat waktu.

“Kita harus mengorbankan waktu untuk pendidikan ini, lalu kita juga harus mengabaikan kegiatan lain agar pendidikan ini selesai tepat waktu. Tapi tugas kita ini belum selesai, akan ada tantangan baru kedepan. Status sosial yang melekat ini harus berfungsi dengan baik,” paparnya.

Disisi lain, dia juga mengapresiasi konsistensi Universitas Tamansiswa Palembang yang tetap fokus mencetak generasi muda berprestasi.

“Melihat banyaknya mahasiswa yang diwisuda itu membuktikan Universitas Tamansiswa ini bukan hanya dipercaya orangtua tapi juga dipercaya berbagi lembaga. Kita tentu mengapresiasi hal ini,” ujarnya.

Diketahui, setidaknya sebanyak 422 orang mahasiswa Universitas Tamansiswa Palembang yang mengikuti wisuda yang terdiri dari 232 orang tingkat pendidikan S1 dan 190 orang tingkat pendidikan S2.

Rektor Universitas Tamansiswa Palembang KI Azwar Agus mengatakan, Universitas Tamansiswa Palembang sendiri terus komitmen untuk membuat kemajuan bagi Sumsel dengan melahirkan generasi muda berprestasi.

“Kita berusaha untuk terus meraih kemajuan, baik kemajuan universitas maupun kemajuan bagi Sumsel. Kita berharap upaya ini dapat terus menerus berkembang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Harian Majelis Universitas Tamansiswa KI Pardimin, Ketua BTPN Universitas Tamansiswa Palembang K Yuli Rohbianto, Sekretaris LLDIKTI Wilayah II DR Nuril Forkan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Rosidin Hasan dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed